Sunday 16 October 2016

5 Dasar Hidup Sehat Bisa Cegah dan Kendalikan Penyakit Autoimun

Mengalami kondisi abnormal pada sistem kekebalan tubuh atau yang disebut penyakit autoimun akan sangat mengganggu aktivitas seseorang. Hal ini terjadi kondisi autoimun tidak bisa disembuhkan dan mengharuskan pasien selalu mengonsumsi obat.


Namun dr Fransiska Hardi, SpPD, Ketua dari Marisza Cordoba Foundation (MCF) mengatakan ada cara-cara yang ditengarai ampuh untuk mencegah terjadinya penyakit autoimun. Cara-cara tersebut dikenal sebagai lima dasar hidup sehat (LDHS) yang juga merupakan program nasional dari Senyum Indonesiaku.

"Autoimun merupakan penyakit yang timbul karena sel-sel imun yang seharusnya menyerang bakteri justru menyerang sel alami pada tubuh.

dr Fransisca mengatakan gaya hidup sehat seperti memilih makanan sehat dan aktif melakukan olahraga rutin merupakan bagian dari LDHS. Di sisi lain, mengendalikan stres, mengedukasi diri dan hidup positif merupakan bentuk LDHS lainnya yang juga bermanfaat untuk mencegah penyakit autoimun.

Ditemui di acara yang sama, Susan Hartono MSc CHt, pakar terapis holistik, menambahkan untuk pasien autoimun yang harus diperhatikan adalah pola makan. Susan menyarankan untuk mengonsumsi makanan sehat untuk mencegah penyakit bertambah parah dan mengurangi kekambuhan.

"Harus mengeliminasi semua makanan yg sifatnya tidak natural seperti pengawet, perasa makanan dan pemanis. Dan yang perlu diingat adalah tidak makan berlebihan," imbuh Susan.

Artikel Terkait

5 Dasar Hidup Sehat Bisa Cegah dan Kendalikan Penyakit Autoimun
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments:

22 November 2016 at 11:15 delete

mantap gan visit back itbocah.blogspot.co.id

Reply
avatar